Penjualan Tiket Pesawat Konvensional Anjlok 60 Persen

Penjualan Tiket Pesawat Konvensional Anjlok 60 Persen


Sejumlah biro tour and travel di Bandar Lampung mengeluhkan penjualan tiket pesawat yang anjlok hingga 60 persen. Kondisi itu terjadi akibat semakin maraknya penjualan tiket pesawat online dan menawarkan harga lebih murah.

Ini seperti diungkapkan Marketing Manager Patuna Tour and Travel Derry Novriandi. Dikatakannya, penjualan tiket pesawat di bironya turun hingga 60 persen setiap bulan. Hal itu terjadi sejak tahun 2015.

Kondisinya semakin parah memasuki tahun 2016. Sebab, harga tiket yang dibeli secara online bisa lebih murah Rp 5.000-Rp 10.000 dibanding penjualan di biro tur and travel.

Selain itu, masyarakat menilai, pembelian tiket pesawat online ini lebih sederhana, dan bisa dibeli kapan saja dan dimana saja.

"Jadilah banyak konsumen yang beralih membeli tiket secara online. Apalagi anak-anak muda.

Karena itu, saya pun terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Seperti, konsumen bisa bayar dengan cara transfer, jika tak sempat ambil tiket kami akan mengantarnya. Itu beberapa cara agar kami tetap bertahan," ujarnya.

Hal senada dirasakan pemilik Titan Tour and Travel, Julian Manaf.

Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir, penjualan tiket pesawat di tempatnya turun hingga 30%. Ia tak memungkiri jika pembelian tiket secara online lebih mudah, sehingga konsumen beralih.

"Konsumen tak perlu jauh-jauh mendatangi tour and travel. Cukup duduk manis di rumah, sudah bisa beli tiket. Apalagi, harganya lebih murah. Hal ini membuat penjualan tiket pesawat di tour and travel turun dan saya rasa ini terjadi di semua tour and travel," ujar Julian.

Ia pun mengaku tak ingin berdiam diri saja. Untuk meningkatkan penjualan, ia memperbanyak penjualan paket tur. Dimana di dalam paket tersebut sudah tersedia tiket pesawat pulang pergi.

Pemilik Wisata Tour dan Travel, Ari Susilo, juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, penurunan penjualan tiket pesawat telah ia rasakan sejak tahun 2015.

Besarnya penurunan hingga 15% setiap bulan. Ia juga mengaku melakukan sejumlah langkah, agar penjualan tidak semakin anjlok.

"Saya perluas market. Saya menjual tiket ke dinas-dinas. Selain itu saya lakukan sistem jemput bola. Jadi kalau konsumen tidak sempat datang untuk bayar tiket atau ambil tiket, maka kami yang akan datang ke tempat konsumen," ujar Ari.

-------------------------------------------------------
agen tiket pesawat terbaik di kota medan
 

HP: 0812 8383 8397 | 0812 945 7 999 
WA: 0812 8383 8397 | 0812 945 7 999 
PIN: 5615D354 | 56458526
Email: infobuanawisata@gmail.com

0 comments:

Post a Comment